Saturday, June 28, 2008

Nelayan Temukan Mortir di Laut

CIREBON, (PRLM).- Sebuah mortir yang diduga masih aktif ditemukan oleh seorang nelayan asal Kampung Pesisir Cirebon, Harsono (58 tahun). Mortir dengan panjang 30 cm, diameter 5 cm mengerucut itu terjaring jala ketika Harsono sedang mencari ikan di satu mil dari Pelabuhan Cirebon, Kamis (19/6).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, Harsono melaut bersama beberapa rekannya dengan menggunakan perahu tradisional. Pada saat jala di lempar, jaring yang dia gunakan menyangkut ke dasar laut. Dia menyelam untuk mengangkat jaring, ternyata tersangkut besi berwarna kuning.

Harsono kemudian menarik jaring dan membawa besi kuning itu ke atas perahunya. Ternyata, besi itu berbentuk seperti peluru namun ujungnya sudah banyak ditumbuhi terumbu karang.

Harsono panik dengan penemuan benda aneh itu. Dia lantas membawanya ke darat ke tempat tinggalnya di Jln. Nelayan gang Tetet RT 06 RW 01 Kampung Pesisir untuk memberitahu Ketua RT, RW dan sejumlah warga.

Warga setempat geger dengan penemuan benda aneh yang ternyata mortir dan diduga masih aktif. Warga segera melaporkan penemuan mortir itu ke Polresta Cirebon.

Tidak lama kemudian polisi membawa mortir dan menyerahkannya ke Brimob Detasemen C Polda Jabar. Diduga kuat, mortir itu bekas latihan perang kapal tempur TNI-AL. Pihak kepolisian sendiri masih menyelidiki apakah mortir itu masih aktif atau sudah digunakan.

Kapolresta Cirebon AKBP Drs. Mashudi saat dikonfirmasi belum dapat memastikan kondisi mortir aktif atau tidak. "Yang bisa memastikan Brimob. Sejauh ini belum ada konfirmasi dari Brimob," tambah dia. (C-18/A-147)***


0 comments:

Post a Comment