Tuesday, June 24, 2008

Planet Aneh Bakal Menjadi Komet Terang


Sebuah "planet" kerdil aneh yang ditemukan di bagian tepi tata surya diperkirakan bakal berubah menjadi komet paling terang yang pernah terlihat. 2003 EL61, nama objek itu, adalah batu raksasa padat berbentuk seperti bola rugby lonjong yang berputar dengan cepat.


Peneliti benda langit dari California Institute of Technology Pasadena, Profesor Mike Brown, memperhitungkan objek tersebut akan segera mendekati planet Neptunus. Bila benar demikian, gravitasi Neptunus akan melontarkannya menuju bagian dalam tata surya dan menjadikannya komet untuk sementara.

"Simulasi komputer menunjukkan bahwa objek ini berada dalam orbit tidak stabil dan cenderung bakal mendekati Neptunus," katanya dalam pertemuan American Astronomical Society minggu lalu. "Bila kedekatan itu membuatnya terlempar lalu menjadi komet, maka ia akan menjadi komet paling terang yang pernah kita saksikan."

2003 EL61 adalah objek besar, seukuran Pluto pada bagian lonjongnya. Benda ini merupakan yang terbesar dari kumpulan benda berlapis es yang menghuni Sabuk Kuiper, wilayah di tepian tata surya kita. Namun bentuknya sedikit aneh: perputaran pada porosnya setiap 4 jam telah membuat bentuknya menjadi lonjong.

Objek ini terdiri dari batuan dengan sedikit saja lapisan es yang menutupi permukaannya. Sedangkan objek Sabuk Kuiper lain kebanyakan mengandung es lebih banyak.

Menurut dugaan para peneliti, sekitar 4,5 milyar tahun lalu, objek yang kelak menjadi 2003 EL61 berbentuk bola dan separuhnya merupakan es sedangkan sisanya batu, seperti Pluto. Ukurannya pun diperkirakan tidak jauh beda dari Pluto.

Lalu pada suatu ketika, objek ini bertabrakan dengan objek Sabuk Kuiper lain dan terlempar. Tabrakan ini melepaskan sebagian lapisan es yang menjadi beberapa satelit. Diduga satelit-satelit itu memasuki bagian dalam tata surya dan menjadi material komet.

Tabrakan dahsyat itu juga menyebabkan 2003 EL61 berputar sangat cepat. Perputaran itulah yang membuatnya menjadi lonjong.

0 comments:

Post a Comment