Friday, August 15, 2008

Angkat Kapal Kuno 2.500 Tahun



YUNANI - Kapal Yunani kuno sepanjang 21 meter berusia 2.500 tahun yang terpendam di dasar Laut Mediterania, selatan Sisilia, Italia, akhirnya dapat diangkat ke permukaan kemarin (29/7). Dua puluh kapal terlibat dalam operasi penyelamatan benda bersejarah tersebut.

"Kapal ini bukan hanya menjadi harta karun Sisilia, tapi juga menjadi milik umat manusia," ujar Antonello Antinoro, pejabat kebudayaan setempat.

Menurut para ahli, reruntuhan kapal kayu yang ditemukan itu dalam kondisi bagus karena terlindungi lumpur di dasar laut. Untuk membersihkan kandungan garam laut yang melekat di temuan bersejarah tersebut, mereka akan menggunakan cairan kimia polyethylene glycol. Kemudian, dikirim ke laboratorium di Portsmouth, Inggris, untuk direkonstruksi.

Pada 2003, para penyelam Sisilia berhasil mengambil sebagian kecil puing-puing kapal kayu papan cemara itu. Di dalam kapal ditemukan cangkir, keranjang tenun, lampu tempel, serta bejana-bejana yang oleh orang Yunani lazim disebut amphorae.

Kapal kuno yang karam tersebut diperkirakan pada 500 SM berlayar di Sisilia menuju koloni Yunani, lantas kembali ke Yunani lagi. Namun, akibat cuaca buruk, kapal itu karam sebelum mencapai Yunani kembali

0 comments:

Post a Comment