Monday, September 8, 2008

Penemuan Planet oleh Astronom Asal Indonesia


wahhhhhhhhh............... orang indonesia menemukan planet baru lohhhhhhhh........
di adalah Dr Johny Setiawan, astronom asal Indonesia yang kini bekerja di Institut Astronomi Max Planck di Jerman, melaporkan penemuan planet di luar tata surya pada hari ketiga pertemuan astronomi Asia-Pasifik APRIM 2005 di Nusa Dua, Bali, Kamis (28/7) kemarin.....

Planet ekstrasolar yang ditemukan Dr J Setiawan mengelilingi bintang HD11977 yang berjarak 200 tahun cahaya. Satu tahun cahaya adalah jarak setara 9.500 miliar kilometer.

Dr J Setiawan yang baru berusia 30 tahun menemukan planet ekstrasolar ini setelah melakukan survei sejak 1999 bersama delapan koleganya. Ia sendiri mendapatkan data penelitian setelah melakukan pengamatan di observatorium Cile. Dengan penemuannya itu, Setiawan menjadi satu dari empat orang di Jerman yang menemukan planet.

Ditanya mengenai makna penemuannya, Setiawan menyebutkan, penemuan itu menegaskan bahwa bintang-bintang berukuran massa 1,5รข€“8 kali massa Matahari berpeluang memiliki planet, meskipun kandungan logamnya tidak sekaya Matahari.

Penemuan yang telah dipublikasikan di jurnal Astronomy & Astrophysics 437 yang terbit tahun ini dilakukan dengan menggunakan teknik yang sangat rumit, walaupun prinsipnya mudah. Ini karena untuk bisa melihat planet tersebut orang harus bisa melihat sekeping koin Rp 500 yang dibagi sejuta, dan bagian sepersejutanya tadi diletakkan pada jarak satu kilometer.

Selain penemuan planet ekstrasolar, di APRIM 2005 juga dilaporkan penelitian mengenai Planet Mars oleh astronom Indonesia. Laporan didasarkan pada pengamatan Mars saat berada di titik terdekat dengan Bumi akhir Agustus 2003. Pengamatan dengan teleskop Zeiss milik Observatorium Bosscha Lembang ini bisa mengungkapkan fakta penting atmosfer Mars


0 comments:

Post a Comment