Monday, September 8, 2008

Penemuan Ular Terkecil Banyak Dicibir



Busyet ada ada aja sekarang masak ditemukan ular terkecil ........wahhhh itu berarti salah satu bukti kebesaran ALLAH dan kita harus bersyukur padanya....ok.. BAca aja artikel dibawah ini kalo u mau tau bagaimana sich profil ula

SAN JUAN, SELASA — Berita mengenai penemuan ular terkecil di dunia tidak hanya mendapat tanggapan miring dari pembaca Kompas.com, tapi juga dari sejumlah pembaca di luar negeri. Mereka mencibir temuan spektakuler yang segera menyebar melalui halaman blog dan siaran radio.

Rata-rata pembaca akan berkomentar bahwa ular tersebut bukanlah hal yang luar biasa. Beberapa mengatakan pernah bahkan sering melihatnya di sekitar rumah, terutama saat mereka masih kecil.

"Yang gituan mah ga aneh, kami di Jawa Barat (Tasikmalaya) sering menyebutnya Orang Taneuh (Ular Tanah). Jadi bukan penemuan baru tapi baru pada tau aja tu bule...," tulis komentar dengan nama Denny. Pembaca yang mengaku dari Semarang, Garut, Sumedang, dan Depok juga mengaku pernah melihatnya.

Komentar senada ternyata juga datang dari warga Pulau Barbados sendiri. Bahkan, komentar tersebut lebih pedas lagi.

"Bagaimana nggak gila, orang itu datang ke sini dan menamai ular tersebut dengan nama istrinya?" ujar Margaret Knight, salah satu penulis di blog Barbados Free Press. Ular yang ditemukan S Blair Hedges dari Pennsylvania State University itu memang diberi nama Leptotyphlops carlae yang diambil dari nama istrinya, Carla.

Hedges mengakui bahwa ular yang hanya tumbuh tak lebih dari 10 cm tersebut mungkin memang bukan spesies langka. Ia juga memahami mengapa penduduk Barbados marah karena sudah biasa melihatnya.

Namun, secara ilmiah, ular tersebut belum pernah dideskripsikan dan Hedges adalah orang pertama yang melakukannya sehingga dia memiliki hak untuk menentukan nama ilmiahnya. Hasil analisis genetika yang dipublikasikannya dalam jurnal Zootaxa juga menunjukkan bahwa spesies tersebut belum pernah tercatat.

Ia mengatakan, kebanyakan spesies baru sebelumnya memang sudah diketahui oleh penduduk lokal. Bahkan, ia sendiri menggunakan sampel spesies yang diambil tahun 1889 dan 1963 untuk membandingkan sifat genetik ular tersebut.

Sebagai pakar biologi evolusi, Hedges sangat teratrik pada hewan-hewan berukuran kecil. Sebelumnya, ia dan timnya juga menemukan kadal terkecil di dunia di Republik Dominika dan katak terkecil di dunia di Kuba.

Nah, dengan kejadian ini seharusnya kita sadar bahwa banyak kekayaan alam yang selama ini kita abaikan begitu saja.

0 comments:

Post a Comment